Kapan Gigi yang Berlubang Perlu Dirawat?


Tahap awal gigi berlubang biasanya tidak memperlihatkan gejala apapun. Diperlukan pemeriksaan dokter gigi atau mungkin pemeriksaan radiologis untuk mengetahuinya. Biasanya tahap awal dari kerusakan gigi tidak memerlukan tindakan penambalan, bahkan kerusakannya bisa diperbaiki. Terapi fluoride, pengaturan pola makan, dan kebiasan menjaga kebersihan mulut, bisa memperbaiki kerusakan awal dari gigi Anda.

Bila gigi Anda mulai terasa linu ketika mengunyah, atau ketika makan dan minum yang panas, dingin, manis atau asam, segera hubungi dokter gigi Anda untuk dilakukan pemeriksaan gigi. Namun, beberapa orang ada pula yang tidak menyadari rasa linu pada giginya walaupun giginya belubang. Oleh karena itu, kunjungan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Semakin awal suatu gigi berlubang dirawat, maka akan semakin cepat dan murah perawatan yang perlu dilakukan. Anda tidak perlu merasakan sakit gigi yang nyut-nyutan ataupun melakukan perawatan endodontik yang memerlukan beberapa kali kunjungan dengan biaya yang tentunya lebih mahal.

Leave a Reply